Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan

Gula jawa merupakan salah satu jenis gula merah. Gula yang terbuat dari jenis pohon kelapa palma yang kemudian disadap getahnya pada bagian kuncup bunga kelapa tersebut. Setelah getah didapat, cairan tersebut kemudian dimasak hingga mengental lalu dicetak ke dalam kotak kecil atau batok kelapa. Gula jawa juga dikenal dengan sebutan gula alami, karena proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional dan tanpa dicampuri dengan bahan kimia.

Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan
 

Jika dibandingkan dengan pemanis yang lain, gula jawa juga tak kalah sehat dan memiliki manfaat yang lebih baik daripada pemanis lainnya. Manfaat gula jawa di dapat dari kandungan vitamin C, fosfor, magnesium, kalium, kalsium dan zat besi yang terdapat pada gula jawa. Manfaat lainnya yang terdapat pada gula jawa yaitu adanya kandungan sejumlah zat fitronutren, zat yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih berenergi serta menangkal sel kanker. Lalu manfaat apa yang terkandung pada gula jawa, yang baik untuk kesehatan?

1. Menurunkan berat badan
Gula ternyata memiliki kandungan potasium yang tinggi, yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga dapat membantu untuk membakar kalori dalam jumlah banyak yang ada pada tubuh.

2. Membersihkan darah
Jika mengonsumsi gula jawa dalam jumlah yang aman dan secara teratur, ternyata dapat membantu untuk memurnikan darah dan membersihkan darah. Selain itu, gula jawa juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah anemia
Kandungan zat besi dan folat yang tinggi pada gula jawa ternyata dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya anemia dengan mempertahankan kadar darah normal sel darah merah. Cara mengonsumsinya, konsumsi gula jawa secara teratur dan pastikan masih dalam jumlah yang aman. Anda bisa mengonsumsinya dengan dicampurkan ke makanan lain.

4. Mencegah terjadinya masalah pernapasan
Untuk anda yang memiliki masalah pada pernapasan, terutama untuk penderita asam dan bronkitis. Ada baiknya anda mengonsumsi gula jawa, karena menurut para ahli gula jawa dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya masalah pernapasan. Anda dapat mengonsumsi gula jawa dengan campuran biji wijen.

5. Meredakan nyeri sendi
Menurut para ahli, mengungkapkan bahwa mengonsumsi gula jawa dengan sepotong jahe baik untuk meredakan nyeri sendi. Selain itu, mengonsumsi segelas susu hangat dengan satu sendok gula jawa junga dapat memperkuat tulang dan menjauhkan dari masalah kesehatan tulang.

0 Response to "Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel