Tips Menyimpan Makanan Sisa

Selain menghemat pengeluaran, menyimpan makanan yang sudah matang kemudian dihangatkan kembali ketika hendak memakannya merupakan cara praktis yang dapat anda lakukan ketika anda dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk memasak. Namun, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan tetap terjaga, serta tidak memicu terjadinya penyakit. 

Tips Menyimpan  Makanan Sisa


Cara Menyimpan Makanan Sisa yang baik 

Jika anda ingin menyimpan makanan sisa, ada baiknya anda menyimpannya 2 jam setelah dimasak, hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri pada makanan, kecuali makanan tersebut sudah dihangatkan kembali. 

Tips Menyimpan  Makanan Sisa


Selain itu, ada beberapa panduan yang dapat anda lakukan untuk menjaga kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan anda tetap aman serta rasanya juga tetap terjaga. 

· Simpan makanan sisa di dalam kulkas 

Menyimpan makanan sisa di dalam kulkas dengan suhu di bawah 5 derajat celcius ternyata dapat membantu untuk menjaga kualitas makanan. Suhu tersebut sudah dibuktikan aman untuk menyimpan makanan selama 3 hingga 4 hari. 

· Hindari menyimpan makanan sisa lebih dari 4 jam 

Jika anda menginginkan menyimpan makanan dengan jangka waktu yang cukup lama, usahakan untuk menyimpan makanan di dalam frezeer. Menyimpan makanan sisa dalam suhu yang beku dapat bertahan selama 3-4 bulan. Menyimpan sisa makanan dengan jangka waktu yang lama dapat membuat rasa dan aroma makanan berubah. 

· Beri label tanggal pada makanan sisa yang hendak disimpan 

Tujuan dari memberi label tanggal pada sisa makanan yang hendak disimpan yaitu untuk mengetahui makanan mana yang terlebih dahulu disimpan dan masa kadaluarsanya. Tempatkan makanan yang paling awal disimpan di bagian yang paling depan. 

· Gunakan wadah khusus untuk daging dan susu 

Untuk makanan yang terbuat dari daging dan susu ada baiknya disimpan dengan wadah tertutup. Seperti menggunakan aluminium foil untuk membungkusnya atau menggunakan plastik. 

· Pisahkan masakan dalam beberapa wadah 

Usahakan untuk memisahkan makanan dalam beberapa wadah. Beri jarak antar wadah yang lain, agar suhu dingin dapat menyebar dengan rata. 

· Simpan makanan dalam ukuran yang kecil 

Simpanlah makanan dengan ukuran yang kecil atau dijadikan menjadi beberapa bagian. Ini bertujuan untuk menghemat tempat atau wadah yang digunakan. 



0 Response to "Tips Menyimpan Makanan Sisa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel