Trik Mengatasi Gigi Ngilu


Gigi ngilu biasanya dialami oleh siapa saja, rasa ngilu yang terjadi pada gigi memang sangat merepotkan, apalagi untuk mengonsumsi makanan yang tertentu seperti panas dan dingin. Gigi menjadi lebih sensitif ketika lapisan gigi atau yang disebut dengan dentin terekspos ke bagian luar gigi. Yang menyebabkan bagian gigi terdekat dengan saraf gigi terpapar bermacam rangsangan, seperti panas, dingin bahkan gesekan. 

Trik Mengatasi Gigi Ngilu


Untuk mengatasi masalah gigi ngilu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter gigi. Pengobatan gigi ngilu tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena pada dasarnya proses penyembuhaan gigi ngilu harus sesuai dengan penyebab dan seberapa luas kerusakannya. Ngilu pada gigi juga tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena hal tersebut dapat menambah kerusakan pada gigi. Lalu apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu? 

1. Gunakan pasta gigi khusus 

Cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu yaitu gunakan pasta gigi khusus untuk gigi ngilu atau gigi sensitif. Pakar kesehatan juga sangat menganjurkan untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk anda yang memiliki keluhan gigi sensitif. Biasanya, pasta gigi yang dibuat khusus untuk penderita gigi sensitif ini menggunakan teknologi Novamin yang dapat membantu pembentukan lapisan mineral 1,5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan lapisan alami dentin. 

2. Hindari konsumsi kafein 

Untuk penderita gigi ngilu perlu diperhatikan untuk menghindari konsumsi kafein seperti teh atau kopi. Bukan hanya konsumsi kafein yang harus diperhatikan, beberapa jenis minuman seperti minuman beralkohol atau minuman yang mengandung asam juga perlu untuk dihindari, karena minuman yang mengandung alkohol dan asam dapat membuat lapisan gigi terbuka sehingga menyebabkan gigi lebih sensitif dan mudah ngilu. 

3. Kompres dengan es 

Ternyata mengompres gigi dengan es dapat meringkankan masalah gigi ngilu, terutama untuk sakit gigi karena cidera atau gusi bengkak. Anda dapat mencoba dengan mengompreskan kantong es untuk membius gigi secara alami pada bagian luar pipi di atas gigi selama beberapa menit. 

4. Berkumur dengan air garam 

Berkumur dengan air garam hangat dapat meluruhkan kotoran yang menempel di gigi berlubang atau di antara gigi. Selain dapat meredakan sakit gigi, berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi gigi ngilu, pembengkakan gusi dan meredakan sakit tenggorokan. 

Cara penggunaannya, larutkan 1 sendok teh garam dalam aiar hangat, kemudian kumurkan selama 30 detik sebelum meludahkannya. 

5. Bawang putih 

Senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih ternyata dapat mengatasi masalah pada gigi, seperti gigi ngilu atau sakit gigi. Hal tersebut dapat terjadi karena gigi memiliki sifat antibakteri yang baik untuk menghilangkan bakteri yang ada pada gigi. 

Cara penggunaannya, gunakan satu siung bawang putih segar kemudian hancurkana, jika sudah campurkan bawang putih tersebut dengan sedikit garam, lalu tempelkan pada bagian gigi yang mengaami rasa ngilu.

0 Response to "Trik Mengatasi Gigi Ngilu "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel