Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara Menambah Berat Badan Bayi - Ketika sang buah hati mengalami kekurangan berat badan tentunya kita sebagai orang tua memiliki kekhawatiran. Maka kita sebagai orang tua harus mencari cara supaya buah hati kembali memiliki berat badan secara normal dan harus memilih cara yang aman dan efektif. Sebagai orang tua kita harus selalu mengawasi pertumbuhan sang buah hati kita jangan sampai sang buah hati kekurangan gizi.

Berat badan bayi jika sehat dan normal yaitu 2,5 kg-4,5 kg atau setara dengan 2500-4500 gram. Berat badan bayi akan bertambah setelah 10-12 hari. Berat bayi yang baru lahir akan dipengaruhi oleh genetik, kesehatan selama mengandung dan nutrisi yang didapat selama mengandung. Beberapa penyebab terjadinya bayi kekurangan berat badan diantaranya :

I. Kurangnya Asupan Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi selama ibu mengandung merupakan faktor penyebab terjadinya kurangnya berat badan ketika dilahirkan. Berikan ASI secukupnya kepada bayi, jika bayi sudah berusia diatas 6 bulan maka berikanlah makanan pendamping ASI, karena ASI saja tidak cukup. Berilah bayi makanan pendamping ASI yang bergizi

II. Bayi Sudah Aktif 

Ketika bayi berusia 6 bulan biasanya bayi sudah mulai banyak gerak, maka dari itu bayi harus memiliki asupan nutrisi yang lebih banyak dari sebelumnya. Aktivitas yang dilakukan oleh bayi akan mempengaruhi turunnya berat badan bayi, maka kita harus memberikan asupan nutrisi yang sesuai.

III. Bayi Sakit

Apabila bayi anda sakit atau kurrang sehat, maka akan berpengaruh pada berat badan bayi. Yang harus kita lakukan yaitu kita harus memberikan asupan yang cukup kepada bayi dan mengatasi penyakit yang dialami oleh bayi.

Jika berat badan bayi kurang tentunya akan timbul rasa kekhawatiran pada kita. Ada beberapa cara supaya berat badan bayi naik, beberapa diantaranya adalah :

• Pemberian ASI Sesering Mungkin

ASI mempunyai kandungan lemak sangat tinggi, maka untuk menambah berat badan bayi berilah ASI sesering mungkin, karena bayi dianjurkan memulai makan setelah berusia 6 bulan. Tujuannya untuk menunggu sistem percernaan siap. ASI memiliki kalorin lebih baik dari makanan padat atau makanan pendamping ASI dan juga ibu harus memberikan ASI yang berkualitas bukan sekedar ASI. Selain untuk bayi yang lahir normal pemberian ASI yang rutin juga sangat baik untuk bayi prematur agar cepat gemuk dan sehat.

• Berikan Makan Selingan

Berikanlah makanan selingan kepada bayi disela-sela menunggu jam makan. Berikan makanan selingan yang mengandung banyak kalori seperti pisang, pepaya, dan yang lainnya. Agar pencernaan bayi lancar berikan bayi buah yang berkalori tinggi yang dicampur dengan oatmeal yang memiliki banyak serat.

• Pemberian Makanan Pendamping ASI Terjadwal 

Makanan pendamping ASI sangatlah dibutuhkan oleh bayi yang berumur diatas 6 bulan, karena bayi yang berusia diatas 6 bulan sudah mulai banyak bergerak dan membutuhkan asupan gizi tinggi. Berikanlah makanan pendamping ASI secara teratur kepada bayi agar bayi bertambah berat badannya. Berikan makanan pendamping ASI 2-3 kali sehari sesuai dengan porsi makan bayi anda.

0 Response to "Cara Menambah Berat Badan Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel