Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi


Bahaya Penyakit Kuning Pada BayiIbu sering cemas dan takut apabila sang buah hati terkena penyakit kuning. Bayi yang baru dilahirkan memang rentan terkena penyakit kuning bahkan mencapai 50% bayi yang baru dilahirkan akan menderita penyakit kuning. Hal tersebut adalah hal yang wajar karena organ hati bayi yang baru dilahirkan belum berkembang sempurna.

Penyakit kuning pada bayi yang normal akan menghilang seiring dengan perkembangan bayi dari hari ke hari. Bayi yang terkena penyakit kuning memiliki sifat patologis jangan dianggap remeh karena bisa menimbulkan bahaya. Adapun beberapa bahaya bayi yang terkena penyakit kuning yang harus diketahui antara lain :

1. Kejang

Bayi yang mengalami penyakit kuning potologis siasabya kan mengalami kejang hal tersebut dikarenakan oleh kadar bilium yang ada didalamtubuh tinggi maka bisa menimbulkan step atau kejang pada tubuh bayi dan juga dapat menyerang system kekebalan tubuh bayi

2. Merusak sel-sel pada otak 

Bahaya bayi terkena penyakit kuning ialah kadar bilirupin yang yang terlalu berlebihan di dalam tubuh bayi maka kadar bilirubin tersebut dapat masuk kedalam sel-sel otak bayi dan kemudian akan merusak sel-sel otakbayi tersebut.dan akan berakibat organ yang dibawahi oleh otak akan terganggu. 

3. Meracuni otak

Kadar bilirubin yang terlalu berlebihan justru bisa meracuni otak bayi.apabila otak teracuni maka sel otak pada bayi tersebut tidak akan bisa berfungsi semestinya lagi.

4. Cacat

Bayi juga dapat mengalami kecacatan karena sel saraf pada otak sudah rusak ditak dapat berfungsi lagi.semua organ yang terkait dengan sel otak bisa tibul kecacatan pada bayi.

5. Tuli

Dibagian indra pendengaran juga merupakan salah satu syaraf yang berhubungan dengan otak.apabila sel syaraf pendengaran terganggu bisa menyebabkan terjadinya tuna rungu atau bisa disebut dengan tuli.

6. Kelumpuhan

Pada otak Otak juga bisa menjadi lumpuh karena otak tidak bisa berfungsi dengan baik.

7. Kelainan motorik

Bayi yang terkena penyakit kuning dan bersifat potologis bisa menyebabkan terjadinya kelainan motorik pada bayi.sel motorik merupakan sel bergerak yang dipunyai oleh bayi apabila sel motoriknya terganggu .

8. Kelainan perkembangan

Bayi juga bisa mengalami kelainan perkembangan. Kelainan perkembangan juga dapat berpengaruh pada panca indra .

9. Gangguan mental

Bayi juga bisa terkena gangguan mental apabila bayi terkena gangguan mental maka bayi akan menglami rasa tidak percaya diri dan akan mengalami down sindrome.

10. Lambat dalam berbicara

Karena susunan syraraf bayi terganggu maka bayi tersebut akan mengalami gangguan perkembangan misalnya bayi tersebut tidak bisa berbicara,dan juga bayi akan lambat berbicara,walaupun bisa berbicar di berbicaranya tidak lancer seperti yang lainya .itulah akibat dari penyakit kuning potologis yang menyerang bayi.

Itulah beberapa bahaya penyakit kuning pada bayi yang perlu para orangtua ketahui, walaupun sebenarnya warna kuning yang muncul pada bayi baru lahir adalah normal dan akan hilang dengan sendirinya, namun ketika warna kuning tersebut berlangsung lama, inilah yang perlu diwaspadai dan harus mendapatkan penanganan khusus dari dokter.

0 Response to "Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel