Binatang Pembawa Penyakit

Binatang Pembawa Penyakit

Binatang Pembawa Penyakit - Memelihara hewan sudah menjadi alternatif penghilang stres. Seorang peneliti juga ada yang menemukan bahwa memelihara bisa mengurangi resiko stroke. Namun ada beberapa hewan yang dapat membawa/menularkan penyakit kepada kita diantaranya adalah :

1. Monyet

Monyet dapat membawa virus herpes B yang bisa ditularkan lewat air liur bahkan dapat berpotensi mematikan. Herpes B dapat mengakibatkan ensefalitia atau pembengkakan otak. Virus ini terdapat pada air liur monyet yang bisa masuk kedalam otak manusia.

2. Kelelawar 

Walaupun manusia jarang menjumpai kelelawar, namun kelelawar ini juga merupakan salah satu hewan pembawa penyakit karena kelelawar bisa menularkan rabies pada manusia yang cukup serius. Virus rabies ini menyebar lewat kontak dengan binatang yang terinfeksi seperti rakun, kucing, rubah, coyate, terkadang juga bisa anjing. Rabies bisa berpengaruh ke sistem saraf pusat dan juga dapat menyebabkan kebingungan, kesulitan menelan, kelumpuhan dan juga halusinasi. Apabila tidak ditangani dengan cepat dapat berakibat fatal setelah beberapa hari .

3. Kelinci liar

Kelinci liar tampaknya lucu dan manis untuk dipelihara, namun kelinci liar ini dapat membawa penyakit kepada kita. Kelinci liar ini dapat menyebarkan tularemia, dimana ini adalah penyakit yang bisa mengakibatkan masalah pada pernafasan yang serius. Tularemia juga bisa disebut dengan demam kelinci. Gejalanya seperti demam yang mendadak, kelemahan progresif, nyeri pada sendi dan menggigil.

4. Burung

Burung juga bisa menularkan penyakit yaitu flu burung. Flu burung disebabkan karena adanya virus H5N1 yang bisa menular melalui penanganan unggas yang sudah terinfeksi. Lebih dari seratus dua puluh juta diseluruh dunia meninggal akibat terkena flu burung. Penyakit ini disebabkan oleh burung yaitu psittacosis atau demam beo.

5. Tikus

Tikus juga bisa menjadi salah satu hewan pembawa penyakit. Percayalah bahwa tikus merupakan penyebab black death dan juga diketahui pembawa mikroorganisme berbahaya yang lainnya. Tikus juga bisa menyebarkan leptospirosis yaitu penyakit bakteri serius yang bisa menyebabkan meningitis dan juga kerusakan ginjal. Tikus juga bisa mengirimkan giardia dan salmonella yang dapat mengakibatkan penyakit pada pencernaan.

6. Reptil

Hewan reptil seperti kura-kura juga berbahaya karena secara alami binatang ini pembawa salmonella yang terdapat pada kulitnya. Anak-anak sangat gampang terkena infeksi salmonella yang disebabkan oleh binatang reptil ini.

7. Sapi

Sapi bisa menyebarkan 3 penyakit yaitu ada kaitanya dengan salmonella, enfesalitis sapid dan bakteri Ecoli. Hal ini dapat menular ke manusia yang mengkonsumsi sum-sum tulang belakang sapi atau otak sapi yang terinfeksi.

8. Anjing

Anjing juga dapat menyebarkan penyakit karena juga kadang bisa menyebarkan rabies. Anjing bisa mengirimkan parasit seperti cacing gelang dan cacing tambang. Anjing juga bisa menjadi pelabuhan pada lain organisme penyebab penyakit. Kuku anjing juga membawa bakteri penyakit yang bisa berakibat fatal apabila menginfeksi tubuh dan tidak segera di obati.

0 Response to "Binatang Pembawa Penyakit "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel